Tuesday 6 May 2014

Teater Sebagai Organisasi

Study Teater pementasan  "AAIIUU"  18 Januari 2014

Proses Teater merupakan sebuah proses organisasi (bentuk kerja kolektif; dimana segala macam orang dengan segala macam fungsinya tergabung dalam suatu koordinasi yang rapi,dan juga mencakup juga pengertian sampai batas-batas yang sentimentil), seperti hal nya diri manusia itu sendiri, atau layaknya seperti sebuah negara. Keberhasilan suatu pertunjukan Teater dapat juga sebagai keberhasilan suatu seni organisasi; baik organisasi penyelenggaraannya (Panitia Produksi) maupun segi seni-seninya (Penyutradaraan, Penataan set, Permainan, Musik dan unsur-unsur lain). 

Berikut ini contoh Elemen dari sebuah kelompok Teater dalam mengadakan sebuah Produksi. 

Divisi Produksi


- Pimpinan Produksi 
Seorang yang mengkoordinasi dan menyatukan visi semua panitia produksi dari urusan pra produksi (persiapan), pementasan sampai paska produksi (dokumentasi,laporan dll)
- Sekretaris Produksi

Tenaga ahli yang membantu kinerja Divisi Produksi dalam menyelesaikan tugas pembuatan surat administratif, laporan kinerja dan bersama Pimpinan Produksi mencatat hasil rapat. 
- Keuangan Produksi / Bendahara

Tenaga ahli yang bertugas mencatat keuangan (Pemasukan dan Pengeluaran), dengan kemampuannya mengatur arus keuangan produksi dan menyimpan kas uang produksi.
- Urusan Dokumentasi

Tenaga ahli yang mencatat segala kejadian yang terjadi dan menyimpan dokumen pada proses produksi dari awal sampai akhir yang kemudian disimpan untuk arsip organisasi/ 
- Urusan Publikasi

Tenaga ahli yang dengan kreatifitasnya mengatur urusan publikasi (Pamflet,Brosur,Baliho,Spanduk,Iklan Koran dll) yang akan mendatangkan penonton dan penikmat pertunjukan teater. 
- Urusan Pendanaan

Tenaga ahli ini bekerja untuk pendanaan produksi,seperti mencari sponsor dan donatur untuk membantu proses produksi hingga pementasan.
- Urusan Kesejahteraan

Tenaga ahli ini mengawasi kesehatan,keselamatan dan kenyamanan semua panitia produksi dan penyaji. seperti contoh, mengawasi latihan dengan menyiapkan makanan dan kotak P3K .
- Urusan Perlengkapan

Tenaga ahli ini menyediakan dan mengkoordinasi semua peralatan dan tempat kerja yang dipakai oleh panitia.


Divisi Penyaji


- Sutradara
Menjadi pemimpin dari Divisi Penyaji. menjadi penggagas ide awal serta pembungkus dan penyatu ide yang datang dari panitianya.
- Art Director / Pimpinan Artistik
Juga disebut assisten Sutradara I yang selalu bersama sutradara, membantu mewujudkan ide dan mengkoordinasi para panitia artistik (setting,kostum,make up,cahaya dan musik)
- Stage Manager

Juga disebut assisten Sutradara II yang mengatur jadwal, tempat dan pemain untuk latihan, juga membuat jadwal para panitia artistik dalam persiapan artistiknya agar siap dalam pementasan dan pada saat pementasan mengoordinasi untuk mengatur arus penonton, clear area, kebersihan tempat, keamanan tempat dan keteraturan tempat.
- Property Master

Menyiapkan property yang diperlukan untuk pementasan,dan merawat property agar siap digunakan pemain dan setting.
- Penata Cahaya

Tenaga ahli yang dengan ide kreatifnya mengatur pencahayaan, dan menjadi pencipta ruang dan waktu dengan senjata utamanya cahaya.
- Penata Kostum

Tenaga ahli dengan kreatif membuat, atau menyiapkan kebutuhan kostum yang sesuai dengan konsep penggarapan.
- Penata setting

Tenaga ahli pencipta dimensi waktu dan ruang. Dengan kreatifnya membuat panggung menjadi suatu karya seninya dan Penata Setting bekerja sama dengan Penata Cahaya.
- Perias / Make Uper

Tenaga ahli yang dapat merubah bentuk morfologi aktor/aktris sesuai dengan konsep.
- Penata Musik
Tenaga ahli yang dengan kreatif  mempertebal nuansa permainan, membuat transisi dan penghias pertunjukan dengan senjata utamanya musik.


Setiap Elemen bekerja dengan profesional dan kompak dalam proses sehingga hasil dapat diraih dengan maksimal. demikian postingan pertama kami, semoga bermanfaat, kami menerima masukan beserta amplopnya silahkan dikomentar :) HOHA !

No comments:

Post a Comment